Manfaat Buah Dan Sayur Berwarna Oranye

Buah-buahan dan sayuran berwarna oranye dan kuning dianggap sangat sehat. Salah satunya karena menyediakan alpha karoten dan beta karoten yang menurunkan risiko penyakit jantung serta kanker.

Para peneliti di pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, menganalisis sampel darah pada 15 ribu orang dewasa dan menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih banyak buah berwarna oranye hidup lebih lama karena tingginya konsentrasi antioksidan pada makanan tersebut.

Buah-buahan dan sayuran berwarna cerah, seperti ubi jalar, wortel, jeruk, dan nanas ini mengandung flavanoid, zeaxanthin, potasium, lycopene, vitamin C dan beta karoten. Senyawa ini bermanfaat untuk mata dan kulit yang sehat, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Berikut manfaat mengkonsumsi buah dan sayuran berwarna oranye dan kuning untuk kesehatan.

 

  1. Kesehatan Mata dan Mengurangi Risiko Degenerasi Makula
    Para peneliti di Institut Penelitian Medis Westmead menemukan bahwa jeruk mengandung vitamin C dan makan satu buah per hari dapat melindungi anda dari gangguan mata yang disebut generasi makula.

    Wortel juga dikenal sebagai sayuran untuk meningkatkan kesehatan mata. Sayuran ini mengandung beta karoten yang membantu mencegah infeksi mata dan kondisi kesehatan serius lainnya.

  2. Mencegah Kanker Prostat
    Sekelompok ilmuwan di University of New Jersey menemukan bahwa kunyit ketika dikombinasikan dengan fitonutrien dari sayuran seperti kubis dan brokoli, efektif dalam mengobati dan mencegah kanker prostat.

    Asupan tinggi antioksidan seperti vitamin C, lutein dan beta karoten hadir dalam ubi jalar, wortel, jeruk dan jeruk keprok juga dapat membantu prostat yang sehat.

  3. Menurunkan Tekanan Darah
    Buah-buahan seperti pisang, aprikot, jeruk, nanas dan mangga kaya kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Banyak penelitian menunjukkan bahwa buah jeruk yang kaya vitamin C juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

  4. Menurunkan Kolestrol Jahat
    Jahe mengandung gingerol, suatu zat dengan sifat obat yang kuat. Zat ini bersama dengan kekeyaana enzim dan minyak alami, membantu mengurangi tingkat kolestrol jahat dalam tubuh.

    Sementara, jeruk mengandung zat yang disebut pitosterol yang dikenal untuk menahan kolestrol yang diserap oleh sel-sel di usus.

 

  1. Mengurangi Nyeri Sendi
    Vitamin C antioksidan diperlukan untuk mengembangkan kartilago dan kurangnya antioksidan ini dapat menyebabkan osteoartritis. Buah-buahan ini mengandung vitamin C yang dapat membantu mencegah osteoartritis dengan meningkatkan lubrikasi dan mengurangi peradangan pada sendi sehingga mengurangi nyeri sendi.

 

  1. Membentuk Kolagen
    Tubuh memproduksi kolagen, protein yang ada di kulit, dengan bantuan vitamin C. Fungsi utama kolagen adalah untuk memberikan kekencangan dan elastisitas pada struktur kulit.
    Labu kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu untuk memproduksi kolagen dan memberikan kulit yang lembut dan halus.

 

 

 

  1. Menghilangkan Radikal Bebas
    Paprika kuning, aprikot, persik, anggur dan jagung adalah pusat antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, dan lycopene yang memiliki kemampuan kuat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi kerusakan sel secara efektif.

 

 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Karotenoid seperti beta karoten penting dalam berfungsinya sistem kekebalan tubuh. Karotenoid ini hadir dalam buah-buahan dan sayuran berwarna kuning dan oranye yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

#salambahagiasehat

#alkesdayajua

 

Leave a Comment