Masihkah ada harapan pulih pasca stroke ?

Stroke merupakan salah satu penyakit yg mematikan, atau paling tidak membuat penderitanya menjadi tidak atau kurang produktif lagi.

 

Terapi stroke tidak.bisa mengembalikan kerusakan yang terjadi saat serangan stroke terjadi. Namun terapi ini amat penting untuk mengembalikan kemandirian pasien sehingga mampu beraktifitas dan merawat dirinya sendiri

 

Kapan harus terapi?

Waktu yang dirasa tepat untuk segera memulai terapi pasca stroke adalah 24-48 jam setelah serangan, asalkan kondisi penderitanya sudah stabil. Namun, terapi pasca stroke sebaiknya dimulai sesuai dengan anjuran dokter dengan mempertimbangkan kondisi pasien.

 

terapi pasca stroke bertujuan untuk membantu pasien stroke mempelajari kembali kemampuan atau keterampilan yang hilang dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

 

1.Terapi memori

Banyak atau sedikitnya memori yang hilang setelah stroke tergantung pada usia, tingkat keparahan stroke, letak terjadinya stroke, dan kondisi kesehatan penderita sebelum terserang stroke.

Beberapa cara yg bisa dilakukan untuk mengembalikan ingatan pasca stroke antara lain:

-stimulasi otak dg permainan asah otak

– konsumsi nutrisi otak, seperti omega 3

– berbicara dg keluarga (mengobrol)

– mengulang ulang informasi hilang

– membuat kebiasaan baru, seperti menempel tulisan “jangan lupa minum obat” agar otak terbiasa mengingat

 

  1. Terapi gerakan

Merupakan salah satu bentuk fisioterapi stroke standar yang penting. Penelitian mengungkapkan bahwa terapi gerakan seperti treadmill, olahraga keseimbangan, dan mengangkat beban, terbukti meningkatkan kemampuan berjalan penderita stroke setelah satu tahun berlatih. Kualitas hidup semakin meningkat terlepas dari seberapa parah stroke yang diderita.

Namun terapi gerakan ini harus disesuaikan dg tingkat keparahan stroke.

 

  1. Terapi bicara

Setelah terkena stroke, gangguan bicara merupakan salah satu dampak yang dapat terjadi. Terapi bicara merupakan salah satu bagian dari terapi pasca stroke yang dapat dilakukan untuk membantu pasien stroke melatih kemampuan bicara, serta melatih otot-otot menelan dan berbicara agar kembali berfungsi.

Durasi terapi amat tergantung dengan kondisi pasien. Adalah sangat penting bagi keluarga pasien untuk memberikan dukungan dan semangat moral bagi pasien.