News Tips

Sering Susah Tidur. Gejala Penyakit Apa Ya ???

Tak bisa tidur di malam hari atau dikenal dengan insomnia ternyata bisa jadi tanda penyakit serius. Insomnia bisa jadi penyebab utama beberapa penyakit seperti depresi, penyakit kardiovaskular, dan gangguan tiroid.

 

Insomnia sering ditandai dengan sulit untuk tidur. Kesulitan tidur biasa yerjadi akibat kafein, nikotin dan melihat ponsel sebelum tidur. Kesulitan tidur juga dapat mengarah pada kondisi medis lainnya.

 

Berikut beberapa penyakit medis lain yang sering berhubungan dengan kesulitan tidur :

 

  1. Gangguan Sistem Saraf

Satu contoh gangguan ini adalah Restless yang tidak nyaman.

Dikutip dari Channenewsasia, seorang dokter bernama Gan mengatakan kondisi RLS disebabkan gagal ginjal, kekurangan zat besi, kehamilan, neuropati (atau kerusakan saraf), penggunaan alkohol dan tembakau, dan kurang tidur dapat menyebabkan RLS

 

  1. Panyakit tiroid

Panyakit tiroid ditandai saat ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan cukup hormon tiroid. Itu bisa menyebabkan gangguan otot-otot yang mengontrol saluran napas bagian atas. Dan karena hormon tiroid juga mengatur metabolisme, pasien dengan hipotiroidisme beresiko obesitas. Gangguan ini meningkatkan rangsangan pada sistem saraf, sehingga menyebabkan sulit tidur

 

  1. Penyakit kardiovaskular

“Ada hubungan kuat yang terbukti antara tidur dan penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung, stroke, hipertensi, dan ritme jantung yang tidak teratur,” menurut Dr Peter Ting, seorang ahli jantung dan direktur medis dari StarMed Specialist Center.

Tidur yang buruk meningkatkan kadar zat yang mencerminkan peradangan aktif.

Respons tubuh bisa berupa cedera, infeksi, iritasi, atau penyakit.

 

#salambahagiasehat

#alkesdayajuang

Artikel Lainnya

Leave a Comment