Ternyata Makanan ini Berbahaya Di Konsumsi Saat Berbuka Puasa

Saat berbuka puasa, perlu loh untuk memperhatikan makanan yang kamu pilih. Apalagi selama berpuasa perut dalam keadaan kosong, jadi jangan asal makan saat berbuka, kalau nggak mau jadi mual atau sakit perut.

Nah, 4 makanan berikut ini ada baiknya dihindari saat berbuka puasa. Ada yang masih jadi pilihan pertamamu nggak ?

 

  1. Minuman Berkarbonasi dan Tinggi Gula

Hindari minum minuman olahan dan minuman berkarbonasi  yang biasanya tinggi gula. Apalagi minuman yang berkomposisi gula terlarut, seperti syrup, es teh, sup buah dan sebagainya yang mengandung tinggi gula terlarut perlu di hindari, karena dapat meningkatkan risiko diabetes, kelebihan berat badan atau obesitas, serta dapat menyebabkan kembung dan gas. Semua ini bisa bermuara pada gangguan pencernaan. Gunakan air putih dan air kelapa untuk memuaskan dahaga saat berbuka bisa jadi pilihan.

 

 

  1. Makanan Tinggi Gula

Sunahnya memang saat berbuka puasa sebaiknya dengan yang manis-manis, namun ada baiknya manis-manis yang dimaksud tersebut berupa buah-buahan.

Makanan tinggi gula seperti permen dan cokelat sebisa mungkin dikurang-kurangi karena mengandung nilai gizi yang sangat sedikit dan tinggi kalori. Biasanya nih orang-orang cenderung ngidam donat gula saat berbuka.

Ya tak apa sih selama masih bisa mengontrol jumlah yang kamu asup, tapi pahamilah makanan manis berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan dapat menyebabkan masalah kesehatan jika dikonsumsi setiap hari dan dengan jumlah yang gila-gilaan. Bisa makan buah kurma saja kalau mau yang manis untuk mengawali berbuka puasa, atau buah buahan.

 

 

  1. Makanan Tinggi Lemak / Goreng-Gorengan

    Makanan berminyak dan yang digoreng, seperti pangsit goreng, samosa, atau kari berminyak, harus dihindari karena penuh dengan lemak dan disimpan dalam tubuh sebagai jaringan lemak.

    Makan makanan berlemak setelah berjam-jam puasa juga menyebabkan gangguan pencernaan karena bersifat asam buat perut.

    Nah karena itu disarankan untuk berbuka dengan sayur yang menghidrasi seperti mentimun, atau buah seperti semangka. Jangan lupa buah kurma ya bisa memberikan energi instan serta membuat kamu merasa segar sesudah puasa dalam waktu yang lama.

 

 

  1. Makanan Rendah Serat

 

Kebanyakan orang terkadang lebih sering memilih makanan yang berkarbohidrat, ber protein dan berlemak yang menggiurkan untuk berbuka. Namun, selain tiga komponen tersebut, ada satu lagi komponen yang penting selama berpuasa. Komponen itu adalah serat atau fiber. Kandungan serat pada makanan akan memberikan efek kenyang lebih lama dan melancarkan pencernaan hingga akhir.

 

Kalau Anda ingin lancar saat puasa dengan tidak sering merasakan lapar, haus, dan mengalami gangguan buang air besar, konsumsilah makanan yang berserat tinggi, seperti beras merah, kubis, tomat, avokad, brokoli, wortel, oat dan sebainya.

Selamat mencoba yaaa…

 

#salambahagiasehat

#alkesdayajuang

Leave a Comment